LDIK 02 Nov 2015

UIR Adakan Lomba Karya Ilmiah, MTQ dan Lomba Dai

Pekanbaru – Rektor Universitas Islam Riau (UIR), Prof. Dr. Detri Karya, SE., M.A, Senin (12/10) membuka kegiatan lomba Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), lomba Dai dan Daiyah tingkat program studi di UIR dan Lomba Karya Ilmiah tingkat dosen dan mahasiswa di lingkungan UIR. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UIR ke-53 tahun 2015.

Rektor Universitas Islam Riau, Prof. Dr. Detri Karya, SE., M.A, dalam sambutannya di Aula Fakultas Hukum, Senin (12/10) memberikan apresiasi kepada panitia yang telah bekerja dalam melaksanakan tiga kegiatan tersebut. 

Lomba MTQ, Dai dan Daiyah tingkat program studi di UIR serta lomba karya tulis ilmiah bagi kalangan dosen merupakan kegiatan pertama di lakukan di UIR dalam rangka Dies Natalis UIR. Rektor UIR berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin bagi Universitas Islam Riau.

Menurut Prof. Dr. Retri Karya, SE., M.A, lomba-lomba yang dilakukan merupakan bagian dari pelaksanaan catur dharma UIR, yaitu penyelenggaraan pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, penelitian dan dakwah Islamiyah. Ia menginginkan lomba-lomba MTQ, lomba Dai dan Daiyah dan Lomba Penelitian menjadi budaya dilingkungan Universitas Islam Riau.

“Kita ingin membangun budaya membaca Al-Qur’an, budaya dakwah Islamiyah dan budaya penelitian di UIR. Oleh karenanya kegiatan yang dilakukan hari ini bisa dievaluasi lagi dan terus dilaksanakan menjadi kegiatan rutin di UIR ditahun-tahun berikutnya,” kata Prof. Dr. Detri Karya, SE., M.A.

Sementara itu, dalam laporan panitia Pelaksana, Ketua Lembaga Dakwah Islam Kampus (LDIK) UIR, Dr. Ir. Agusnimar, Msc, berkata, lomba MTQ, Dai dan Daiyah dan Lomba Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa diikuti oleh  32 peserta. Yang terdiri 19 lomba karya ilmiah, 9 peserta lomba MTQ, dan 13 peserta untuk lomba Dai dan Daiyah. 

Untuk lomba karya ilmiah, diikuti oleh delapan dosen yang memperlombakan hasil disertasi sebanyak lima peserta dan tesis tiga peserta. Sementara dari kalangan mahasiswa sebanyak 11 orang memperlombakan skripsi mereka.

Sedangkan untuk lomba MTQ diikuti dua peserta dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol), satu peserta dari Fakultas Hukum, dua peserta dari Fakultas Pertanian, dua peserta dari Fakultas Agama Islam, satu peserta dari Fakultas ekonomi dan satu peserta dari Fakultas Ilmu Komunikasi. 

Untuk lomba dai dan daiyah diikuti 13 peserta yang terdiri dari dua peserta dari Fisipol, dua peserta dari Fakultas Pertanian, dua peserta dari Fakultas Ilmu Komunikasi, dua peserta dari Fakultas Agama Islam, dua peserta dari  Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ekonomi, Fakultas Tekni mengutus peserta masing-masing satu orang.

[ Admin LDIK ]