LDIK 31 Okt 2015

Latar Belakang

Universitas Islam Riau (selanjutnya disingkat dengan UIR) yang berdiri tanggal 4 September 1962 adalah sebuah  Perguruan Tinggi yang ada dalam  lingkungan  Yayasan  Lembaga  Pendidikan Islam Riau (selanjutnya disingkat dengan YLPI Riau) yang telah berdiri sejak tahun 1962.  

            Berbagai kemajuan telah di capai oleh UIR setelah memasuki usia 53 tahun. Dengan berbagai perkembangan dan kemajuan yang dicapai UIR tersebut  menambah kepercayaan masyarakat untuk mengatarkan putra/putri mereka belajar di Universitas Islam Riau, sehingga jumlah mahasiswa, baik mahasiswa Strata S1 maupun strata  S2  mengalami peningkatan (saat ini ±20 ribuan mahasiswa) setiap tahunnya.

            Peningkatan jumlah mahasiswa akan menambah jumlah lulusan dari perguruan tinggi ini, sehingga akan akan memperbesar jumlah sarjana yang berada di tengah masyarakat.  Agar keberadaan para sarjana dari UIR  mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan, maka mereka harus dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan, termasuk pengetahuan agama dan keterampilan berakwah. Hal ini sejalan dengan visi pembangunan Universitas Islam Riau oleh para pendidirnya.

Bertitik tolak dari cita-cita mulia  inilah Universitas Islam Riau membentuk lembaga baru yang diberi nama lembaga Dakwah Islam Kampus  yang disingkat dengan LDIK. Dengan pembentukan lembaga tersebut Universitas Islam Riau memiliki  empat lembaga atau lebih dikenal dengan  Catur Dharma yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Dakwah Islam Kampus.

            Universitas Islam Riau dalam melaksanakan misi dakwah Islamiyahnya sebagai sebuah Universitas yang berazaskan  Islam yang  bersumberkan pada al-Quran   dan Hadits Rasulullah Saw. “Keberadaan lembaga ini terlihat pada  salah  satu  lambang  Universitas  Islam Riau,  yaitu Kitab suci Al-Quran al-Karim,  pedoman  setiap Mukmin atau Muslim  kearah inilah maksud dan tujuan kader-kader Islam dididik.  Dari  rangkaian  makna  lambang serupa itu,  maka  jelas  sekali  bagaimana semangat YLPI Riau mengahasilkan lulusan yang berilmu dan berakhlak mulia. Hal ini tak mengherankan   sebab  UIR  memang  telah dirancang  oleh tokoh-tokoh YLPI Riau. Universitas Islam Riau, diharapkan akan menjadi  ujung  tombak dalam  memperjuangkan cita-cita YLPI Riau” (UU.Hamidy: 1989: 79-80).  Cita-cita  YLPI Riau   tersebut  telah  dijelaskan secara nyata dalam Piagam Universitas Islam Riau tentang azas  dan  tujuan  berdirinya UIR.   

            Lembaga Dakwah Islam Kampus Universitas Islam Riau (DIK UIR) secara kelembagaan berdiri pada tahun 2009 dengan dasar Statuta Universitas Islam Riau tahun 2013 dan Surat Keputusan Rektor Universitas Islam Riau  Nomor: 297/UIR/KPTS/2013 tentang pengangkatan Ketua dan Sekretaris LDIK UIR.

            Lembaga Dakwah Islam Kampus UIR mempunyai tugas  menjalankan pembinaan dan pengembangan agama Islam secara terencana dan menyeluruh di UIR pada khususnya, dan di masyarakat Islam pada umumnya. LDIK UIR merupakan corong dakwah resmi milik UIR yang memiliki program-program dakwah internal  dan eksternal. Dengan demikian keberadaan Lembaga Dakwah Islam Kampus (LDIK UIR) mempunyai fungsi strategis sebagai salah satu instrumen pencerahan dan percepatan dalam mewujudkan  visi UIR  menjadi  Universitas  Unggul  2020 (dengan slogan Islami,unggul dan terkemuka),  dalam konteks bagaimana mensyi’arkan Islam bagi civitas akademika memegang peranan yang sangat penting, karena lembaga ini merupakan Tiang/Payung bagi lembaga-lembaga Keislaman lainnya sekaligus sebagai laboratorium dakwah utama yang ada di kampus.  Dakwah kampus bergerak di lingkungan masyarakat ilmiah yang mengedepankan intelektualitas dan profesionalitas. Melalui lembaga ini diharapkan dapat disusun dan dikembangkan strategi hingga dakwah dapat melebarkan sayapnya ke sektor-sektor lain yang  ada di kampus.

[ ]